Minggu, 07 Februari 2010

Festival Serambi Mekah Padang Panjang Apa Kabarnya?

Catatan: Muhammad Subhan

Apa kabarnya Festival Serambi Mekah Padang Panjang? Belum terbetik berita akan digelar. Dulu direncanakan akhir tahun 2009. Mungkin karena menghormati korban gempa. Memang, gempa bumi yang melanda Sumatera Barat pada 30 September 2009 lalu masih menyisakan trauma, tak terkecuali di Padang Panjang. Tapi sayang juga kalau tidak digelar. Soalnya tahun-tahun sebelumnya festival tersebut cukup menarik perhatian masyarakat. Nilai promosinya bagi Padang Panjang tentu akan tinggi pula. Orang akan melirik negeri awak.

Festival Pedati Nusantara Bukittinggi akhir tahun lalu rencananya juga batal digelar. Tapi Bukittinggi tidak ingin kehilangan momen. Pedati tetap diadakan di Lapangan Kantin Bukittinggi dengan mengangkat tema spirit baru Sumatera Barat pascagempa. Ya, semacam motivasi agar rakyat Sumatera Barat tidak terus menerus larut dalam duka. Orang yang datang ramai juga. Meski tidak seramai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Nah, Padang Panjang kapan menggelar Festival Serambi Mekah? Atau memang tidak ada sama sekali? Tidak baik pula berlarut-larut dalam duka. Dinas terkait yang berwenang terhadap kegiatan yang telah dicetus ini harus merencanakan kembali. Walau waktu kegiatan yang direncanakan sebelumnya sudah lewat, tidak soal, dan masyarakat maklum juga.

Dan, nanti dalam festival ini apa yang akan “dijual” Padang Panjang? Apa yang menjadi ciri khas Padang Panjang sehingga perlu didatangi orang dari berbagai daerah, tak hanya di Sumatera Barat namun juga dari daerah-daerah lainnya di Tanah Air bahkan luar negeri? Tentu ini kerja keras panitia penyelanggara. Semua pihak yang layak diminta sumbang sarannya diajak duduk bersama. Tunjuannya, tentu, agar Festival Serambi Mekah memiliki nilai plus dari tahun-tahun sebelumnya.

Di Indonesia, negeri berjulukan Serambi Mekah cuma dua, yaitu Daerah Istimewa Aceh dan Kota Padang Panjang. Aceh sebuah Provinsi yang menaungi sejumlah kabupaten/kota di dalamnya yang melaksanakan penegakan Syariat Islam secara kaffah. Sedangkan Padang Panjang sebuah kota di dalam administratif Provinsi Sumatera Barat. Namun kedua-duanya memiliki nilai plus, sama-sama Kota Serambi Mekah, yang benar-benar istimewa dari daerah-daerah lainnya di Tanah Air.

Karena berjuluk Serambi Mekah ini pula, pada setiap momen Festival Serambi Mekah di Padang Panjang diagendakan pula kegiatan-kegiatan berbau “Mekah” (baca: Islami). Misal, lomba busana muslim antarpegawai perempuan di masing-masing SKPD, lomba MCK terbersih baik di kantor pemerintahan, swasta, hotel/rumah makan, maupun rumah-rumah warga. Bukankah Islam suka dengan kebersihan? “Kebersihan sebahagian dari iman,” kata hadis. Selayaknya yang kecil-kecil seperti ini harus menjadi perhatian.

Ada yang mengeluh, seorang pengunjung masuk ke rumah makan di pasar Padang Panjang, kebelet buang air lalu menumpang di kamar kecil di rumah makan tersebut. Namun alangkah kagetnya ia karena kamar kecil itu joroknya minta ampun. Bau! Padahal dari luar rumah makan itu cukup bersih. Tapi kenapa di belakangnya tak mencerminkan kebersihan di luarnya? Masalah-masalah sepele seperti ini tentu akan merusak citra Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekah. Kata pepatah, “gara-gara setitik nila rusak susu sebelanga”.

Festival Serambi Mekah yang dipusatkan di Lapangan Kantin Padang Panjang (atau di lapangan manapun), saya kira hanya “simbol pemersatu” semangat dari seluruh warna dan kegiatan Islami di Kota Padang Panjang. Yang terpenting dari itu adalah, seluruh warga bahu membahu mewujudkan Padang Panjang benar-benar sebagai daerah yang menjunjung Syariat Islam di dalam kehidupan sehari-hari.

Bagus juga nanti, dalam rangkaian Festival itu diberikan juga Award kepada rumah makan yang benar-benar bersih WC/kamar kecilnya, termasuk juga WC/kamar kecil kantor-kantor SKPD yang tentu jarang “di-Sidak” oleh pimpinan kota. Memang sepele, tapi dampaknya akan cukup besar jika tidak mendapat perhatian.

Kita berharap, semoga Padang Panjang tetap menjadi kota Serambi Mekah sepanjang masa. Tentu bukan tugas pemerintah kota saja, melainkan juga didukung penuh oleh sikap dan perilaku masyarakat yang Islami. Kita tunggu gebrakan itu dalam Festival Serambi Mekah. Tabik!

2 komentar:

  1. Festival Serambi Mekah tahun 2009 sembilan memang tidak dilaksanakan, karena kondisi. Namun tahun 2010 dapat dilaksanakan, dan mendapat sambutan dari masyarakat Kota Padang Panjang khususnya dan luar Kota Padang Panjang umumnya. Adapun Hal apa yang akan kita angkat dari Kota Padang Panjang, tentunya adalah seluruh potensi yang ada di tengah masyarakat Kota Padang Panjang. dari berbagai segi aspek Budaya (bernuansa Islami)sehingga diharapkan akan menjadi kebanggaan masyarakat selaku pemilik kebudayaan itu sendiri, semisal, hasil kerajinan rumahan yang biasanya tidak cukup percaya diri bersaing di pasar akhirnya dapat berani mengambil langkah langkah untuk maju bersaing bersama sama produk lainnya yang sudah ada di pasaran. demikian juga halnya dengan Budaya ( seni) kalau biasanya masyarakat masih banyak menanggab seni sebagai hal yang tidak bermanfaat atau apa lah namanya, melalui panggung Festival Serambi Mekah kita dapat memberikan apresiasi secara langsung kepada masyarakat pengunjung, bahkan kita dapat menampilkan beberapa pertunjukan kesenian yang telah berhasil mendapatkan prestasi di tingkat Daerah, Nasional maupun Internasional, dan itu semuanya adalah milik Kota Padang panjang.
    Berikut di Tahun 2011 Festival Serambi Mekah akan kembali kita canangkan digelar di Kota Padang Panjang, dengan sebuah tajuk baru yang pada kesempatan ini tengah di kuatkan isiannya.
    diantaranya: Kota Padang Panjang sebagai Pusat kuliner, dengan beberapa bagian yang akan di angkat ke permukaan, dan semoga di tahun 2011 ini akan lahir sebuah kejutan baru di kancah kuliner Nasional bahkan Internasional. Semoga kita semuanya dapat memberikan dukungan, untuk kejayaan dan kemajuan Kota Padang Panjang kedepan.

    BalasHapus
  2. FESTIVAL SERAMI MEKAH
    Akan kembali hadir ke tengah masyarakat Kota padang Panjang, Sumatera Barat dan Nasional di tahun 2011 ini. Dengan sesuatu yang baru sesuaidengan apa yang sama sama kita harapkan, dimana Festival Serambi Mekah (FSM) 2011 memasuki kali V. Dengan wacana akan mengangkat even Festival Budaya dan festival Bunga. karena Padang Panjang memiliki potensi yang cukup besar untuk itu.
    Sekarang telah dimulai persiapan kearah itu. Dan Even ini di rencanakan akan dibuka langsung oleh menteri Kebudayaan dan Pariwisata. Tentu saja Harapan kita even lokal yang telah menjadi agenda even Pariwisata sumatera Barat akan menjadi even wisata Nasional.
    Dalam even ini akan kita gelar Pawai kendaraan Berhiaskan bunga segar.
    Untuk keperluan itu semuanya, Petani bunga di Kota Padang Panjang telah memulai persiapannya melalui dinas Pertanian Kota padang Panjang. selin itu pula Festival Serambi Mekah V di dukung oleh beberapa SKPD sekaligus diantaranya, Dinas Porbudpar sebagai leading sector, Dinas Perindagkop, Dinas Pertanian, Bapeda.
    Untuk Even yang cukup besar ini akan di Tangani bersama dukungan SOLINDO Organizer. yang datang langsung dari Jakarta.
    Tentunya semua ini diharapkan akan memberikan dampak yang sangat positif untuk kemajuan Kota Padang Panjang di berbagai sisi.
    Karena Festival Serambi Mekah V akan mengusung tema
    "KITA JADIKAN FESTIVAL SERAMBI MEKAH (FSM)V TAHUN 2011 MEDIA DAN JENDELA POTENSI KOTA PADANG PANJANG"
    dengan sasaran KOTA PADANG PANJANG SIAP MENJADI KOTA TUJUAN WISATA UTAMA DI PULAU SUMATERA DI TAHUN 2013.
    Semoga hal ini dapat terwujud.
    kerja keras, dan dukungan untuk kesempurnaan dari berbagai pihak dan dalam berbagai bentuk tentunya sangat diperlukan
    SEMOGA

    BalasHapus