Senin, 15 Maret 2010

Seminar Sastra dan Launching Antologi Puisi - Padangpanjang

[MAJALAH GONG] - Himpunan mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMA BASINDO) FKIP/ Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhamadiyah Kauman Padangpanjang, Sumatera Barat, akan melaksanakan acara Seminar Sastra Nasional dan Lounching Antologi Puisi “Lautan Sajadah”, pada hari Sabtu, 25 April 2009, Pukul 9.00 sampai dengan selesai, bertempat di Gedung Kuliah FKIP Kauman Padangpanjang. Tutur Ketua Panitia Sandy Octaria.

Sandy menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan sastra. Acara seminar nasional berencana menghadirkan pembicara para sastrawan nasional, seperti; DR. (HC) Taufik Ismail dengan judul makalahnya ”Paradigma Baru Kesusasteraan Indonesia”, Gus Tf. Sakai (Sastrawan nasional) dengan materi “Proses Kreatif dalam menulis Prosa”, dan Sulaiman Juned (Penyair, Sutradara dan pimpinan Komunitas Seni Kuflet) dengan makalah bertajuk “Proses Kreatif Penulisan Puisi”. Kegiatan ini untuk memacu dan meningkatkan kreatifitas guru Bahasa dan Sastra Indonesia dalam proses belajar mengajar di sekolah, serta memacu semangat rekan-rekan mahasiswa untuk berproses kreatif, tambahnya.

Ketua HIMA BASINDO Immatul Jannah menambahkan, Acara seminar sastra nasional ini, pesertanya diharapkan dari kalangan guru, mahasiswa, siswa dan masyarakat umum. Selain Seminar Sastra, juga dilaksanakan Lounching perdana antologi puisi berjudul ‘lautan sajadah’. Antologi ini berisikan 104 puisi religius penyair asal mahasiswa FKIP/Bahasa dan sastra Indonesia UMSB. Antologi puisi ini dieditori oleh Penyair Sulaiman Juned dan Muhammad Subhan. Ini tahap awal kerja serius yang dilakukan rekan-rekan mahasiswa, untuk ke depan masih banyak kerja-kerja yang berguna bagi masyarakat yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Tuturnya didampingi Sandy Octaria di ruang kerjanya.

Immatul Jannah menambahkan, para pembicara seperti sastrawan Gus Tf. Sakai dan Sulaiman Juned sudah berkenan untuk hadir menjadi pembicara. Begitu juga Sastrawan Senior DR (HC) Taufik Ismail berkenan untuk menjadi pembicara dalam acara tersebut. []

Sumber:
http://www.gong.tikar.or.id/?mn=agendabudaya&kd=157&to=view

Tidak ada komentar:

Posting Komentar